Find Us On Social Media :

Usir Pengunci Jok Vario Techno 125 Ngadat, Kenali Dulu Perilakunya

By Motorplus, Jumat, 25 Mei 2012 | 06:43 WIB
()

()
Saat menutup jok jangan dipaksa
Namanya juga motor baru, Honda Vario 125 PGM-FI banyak me?¡nyodorkan teknologi anyar. Sistem pembuka joknya lebih simpel. Cukup dilakukan hanya menekan tombol di sam?¡ping kunci kontak. Lebih praktis.

Tapi, di balik pengunci jok yang ÔÇÿcanggihÔÇÖ itu, pemilik Honda Vario injeksi harus tahu lebih jauh soal prilaku cara buka-tutup joknya. Pasalnya banyak kejadian setelah jok ditutup, begitu tombol pembuka ditekan, justru macet.

ÔÇ£Enggak tahu kenapa. Ketika mau isi bensin dan tombol ditekan tapi jok tidak terbuka,ÔÇØ bilang Devitasari,  salah satu pemilik Honda Vario 125 PGM-FI yang tinggal di Depok, Jawa Barat.

Beruntung masih ada sisa bensin. Langsung meluncur ke dealer Honda di Depok. ÔÇ£Kata mekaniknya, kejadian jok macet kerap dialami pemilik Vario baru,ÔÇØ lanjut ibu dari tiga orang anak ini.

Setelah dikonfirmasi ulang ke mekanik itu, kejadian ini disebabkan prilaku pemilik motor yang belum paham menutup jok. ÔÇ£Biasanya saat menutup jok langsung dibantung mengarah ke bagian penguncinya. Atau jok dipaksa ditekan kuat-kuat,ÔÇØ ujar mekanik yang tak mau di sebut ini.

Ujung pelat pengait diikat slang atau karet
Inilah yang menyebabkan nepel dari tali penarik ujungnya keluar dari jalur pengait yang berhubungan dengan mekanisme pengunci jok. Makanya saat jok sudah terkunci dan tombol ditekan, tali dan pengait sudah tak berhubungan. Kalau sudah begini, solusinya bodi Vario harus dibuka total.

Agar kejadian serupa tak terulang, saat menutup jok Vario baru ini gak perlu pakai otot. Cukup tekan bagian belakang (gbr. 1). "Atau agar tali pengait jok tidak lepas dari relnya, bagian ujung rel pengait dimodifikasi," bilang Masno dari bengkel Rock Well di Sumur Batu, Jakarta Pusat.

Besi pengait yang berhubungan dengan tali pengait jok, ujungnya bisa diikat karet, potongan slang, atau kabel ties. Ini untuk menghindari napel pengait lepas dari besi pengaitnya (gbr. 2).  (motorplus-online.com)