Find Us On Social Media :

Modifikasi Yamaha Jupiter MX 135LC 2006 Jakarta, Rongsokan Jadi Juara

By Motorplus, Rabu, 19 Februari 2014 | 13:09 WIB
()

()

Ikut Fun Race enggak butuhkan duit lebih. Namanya juga Fun Race yang penting fun alias senang. Modal motor dan engine, bisa pakai part yang ada. Mau kenceng? Bisa manfaatkan part copotan rongsokan dari tim balap beneran. Seperti yang dilakukan tim ABJ 13 RT. Tim ini, turun di event Fun Race yang diadakan di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat (26/1). Yamaha Jupiter MX 135LC yang jadi juara di kelas Bebek 4-tak ini, hanya pakai part rongsokan dari tim ternama.

()

“Hampir semua part yang nempel adalah rongsokan bekas pakai tim balap besar. Tentunya agar kencang, develop engine juga wajib dilakonin,” bilang Muhamad Iqbal Firdaus, yang jadi tunnernya. Mulai dari engine, sepaket blok silinder yang isinya piston diameter 62 mm itu, limbahan dari Gery Motor. Tapi, enggak bolt on, diseting dulu. Piston yang didorong stroke standar 57,8 mm dibikin mendem 0,2 mm.

Kejar kompresi padat, head silinder dipapas sekitar 3 mm dan blok silinder diganjar paking 0,5 mm. Hal ini, hasilkan rasio kompresi mesin 13,9 : 1.

()

Head ini diisi kem dengan durasi in 248 derajat dan ex 251 derajat. Durasi kem itu untuk atur buka-tutup klep berukuran in 21 mm dan ex 19 mm. Klepnya pakai punya Honda CBR 250R dengar lingkar batang 4,5 mm. Menurut Iqbal, pakai klep ini bikin flow bahan bakar dan gas buang jadi bagus dan endurance sudah teruji.

“Jupiter MX ini diseting agar power keluar galak mulai dari rpm bawah-tengah. Tapi, putaran atas flat,” jelas Iqbal. Bantu power di putaran atas, setingan karburator Keihin PE 28 mm dibikin basah. Makanya, dijejalkan pilot jet 55 dan main jet 128. Agar bahan bakar dibakar habis, pengapian dibikin advance pakai CDI BRT Dual Band. Lalu, final gear dipilih ukuran 15/35 mata. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban

()
: FDR MP 76
Pelek belakang
()
: TK 1.60 x 17
Pelek depan
()
: Daichi 1.40 x 17
Cakram
()
: Racing Boy
Sok belakang : KTC