Find Us On Social Media :

Bikin Kedok Lampu Di Motor Custom, Pakai Helm Bekas Cuy....!

By Motorplus, Senin, 28 April 2014 | 07:40 WIB
()

()
Dari helm bekas jadi pemanis pacuan

Mungkin, tips ini berguna bagi sampeyan yang sedang bangun motor custom bergaya cafe racer, japs or lainnya. Yakni, bikin kedok lampu depan seperti yang dilakukan Agung Pratama, dari bengkel modif bernama Ora Kondang Blass (OKB), di Delanggu, Klaten, Jawa Tengah.

“Intinya, hanya memanfaatkan batok helm model half face bekas, bro. Digunakan bagian batok kepalanya saja. Dipola dan dipotong. Lalu, tengahnya dilubangi seukuran headlamp dan dicat. Kelar, tinggal dipasang,” kata Kuncung, begitu sapaannya sambil nambahin bahwa biaya bikinnya enggak bakalan kuras kantong.

()
Bikin pola headlamp di batok helm

Cari helm bekas yang masih mulus dan tak ada retak di batok dan usahakan batoknya tak terlalu tipis. “Di pasar loakan, paling harganya antara Rp 10 sampai Rp 15 ribuan,” potong Kuncung.

Usai lepas busa dalamnya, kini buat pola kedok headlamp pakai spidol atau Tipp-Ex. Di sini Kuncung menggunakan headlamp Honda CB. Bulatan headlamp diusahakan posisinya di tengah batok. Biar nantinya dipasang pas tengah bro.

Potong pakai gerinda dan rapikan

Kelar itu, tinggal memotong batok helm sesuai pola yang sudah tergambar. Termasuk memotong bagian tengah batok helm sebagai tempat meletakkan headlamp depan. Pada proses ini Kuncung menggunakan gerinda. Rampung dipotong, tinggal rapikan dan dicat. Setelah itu, tinggal bikin dudukan batok di motor. “Pake plat besi, biayanya tak sampai Rp 100 ribu,” tutup Kuncung. (www.motorplus-online.com)