Find Us On Social Media :

Sekarang Coba Cari Tahu Center Of Gravity Yamaha R25 Sebagai Salah Satu Kontestan

By Motorplus, Sabtu, 9 Agustus 2014 | 16:23 WIB
()

Bobot di roda depan 76 kg, di roda belakang 78 kg

Di antara keempat motor yang coba dicari posisi CG-nya, Yamaha YZF-R25 masuk sebagai salah satu kontestannya. Hasilnya, bila dibandingkan dengan kompetitor 250 cc lainnya, R25 punya center of gravity paling proporsional.

Karena saat diukur pakai timbangan, distribusi bobot depan dan belakang nyaris 50 : 50. Pas seperti yang diklaim pabrikan Yamaha. Terukur bobot roda depan ada di angka 76 kg. Sedangkan, di roda belakang 78 kg. Hanya beda 2 kg, antara roda depan-belakang.

Setelah dihitung menggunakan rumus CG, titik kesimbangan motor adanya di dekat bak kopling atas. Ini berkat jarak keseimbangan didapat X = 69,9 cm. Jarak X diukur dari as roda depan ke bagian tengah. Sedangkan Y merupakan tinggi keseimbangan motor yang dihitung dari tanah ke arah CG, Y = 49 cm.

Coba tengok spesifikasi jarak antara as depan dan belakang. R25 punya angka wheelbase 138 cm. Itu artinya, jarak X berada di tengah-tengah wheelbase. Sehingga, distribusi bobot depan dan belakang sama rata. Ini berpengaruh terhadap handling.

Motorplus-online.com pernah jajal langsung motor ini, distribusi bobot yang simbang antara depan dan belakang bikin bermanuver lebih mudah. Apalagi untuk melahap tikungan, masuk-keluar tikungan terasa stabil dan lincah. (www.motorplus-online.com)