Find Us On Social Media :

Bukan Cuma Pembalap, Honda Juga Bajak Bos Suzuki Di MotoGP 2023

By Didit Abdillah, Minggu, 22 Januari 2023 | 18:25 WIB
Ken Kawauchi, Mantang Direktur Teknik Suzuki kini akan berlabuh ke Honda. Ia akan reuni dengan Joan Mir dan Alex Rins. (MotoGP.com)

MOTOR Plus-Online.com - Begitu Suzuki mengumumkan hengkang di akhir MotoGP 2022, kedua pembalapnya, Joan Mir dan Alex Rins langsung berlabuh ke kubu Honda. 

Joan Mir akan membela Repsol Honda Team dan Alex Rins di LCR Honda Castrol. 

Ternyata bukan hanya pembalapnya saja, Honda Racing Corporation (HRC) juga membajak Ken Kawauchi, Direktur Teknik Suzuki MotoGP. 

Ken Kawauchi di HRC juga akan berperan sebagai Direktur Teknik HRC dalam mengembangkan Honda RC213V yang memiliki masalah performa pada saat ini. 

Hal ini dikonfirmasi Livio Suppo, mantan Manajer Team Suzuki Ecstar dalam wawancara yang dikutip dari Motorsport. 

"Yah, Ken akan bergabung dengan Honda pada MotoGP 2023, ia akan kembali bekerja sama dengan Alex Rins dan Joan Mir," tutur Livio Suppo. 

"Dia akan menggantikan posisi Takeo Yokoyama yang kembali bertugas secara penuh di Jepang untuk membina mekanik-mekanik muda di ajang balap," lanjutnya. 

"Posisi tersebut sangat penting di kondisi HRC saat ini, terlebih jika mereka membutuhkan sosok yang sangat bisa memimpin," Livio Suppo menambahkan. 

Ken Kawauchi memang dinilai sebagai pemimpin yang cukup baik, saat Suzuki ditinggalkan Davide Brivio pada MotoGP 2021 pun ia juga menanggung peran sebagai Manajer Tim. 

Baca Juga: Francesco Bagnaia Nomor 1 Atau 63, Jelang Launching Ducati Lenovo MotoGP 2023

Baik itu dalam hal teknis, akomodasi, strategi, semuanya dibebankan kepada Ken Kawauchi sebelum Livio Suppo masuk sebagai Manajer di MotoGP 2022. 

Kemudahan lainnya bagi Kawauchi adalah ia sudah sangat mengenal Joan Mir dan Alex Rins, sehingga bisa dengan mudah menerima masukan dan kebutuhan kedua pembalapnya itu. 

Baca Juga: Naik Motor Trail Susuri Hutan Rimba, Polres Probolinggo Amankan 3 Pelaku Pencurian Hewan