Find Us On Social Media :

Dukung Kiprah Pebalap Tanah Air, 4 Pebalap Binaan Astra Honda Tampil di GP Mandalika 2024

By Content Marketing ADV, Jumat, 27 September 2024 | 17:00 WIB
Fadillah Arbi Aditama (DOK. AHM)

Motorplus-Online.com – PT Astra Honda Motor (AHM) terus membuktikan kiprahnya dalam mendukung anak muda mewujudkan mimpi mereka di berbagai ajang kejuaraan balap motor dunia, termasuk MotoGP Mandalika.

Sebagai bukti, terdapat empat lulusan Astra Honda Racing School yang berpartisipasi dalam ajang GP Mandalika tahun ini. Mereka adalah Fadillah Arbi Aditama, Davino Britani, Mario Suryo Aji, dan M Kiandra Ramadhipa.

Pada kejuaraan FIM Moto3 World Championship 2024, Fadillah Arbi Aditama alias Arbi akan menjadi pebalap wildcard di bawah naungan Honda Team Asia.

“Ini kali kedua saya jadi pebalap wildcard di Mandalika. Tahun lalu, saya finis di posisi 17. Secara fisik, mental dan teknis, saya siap untuk memberikan hasil terbaik di Mandalika,” ujar Arbi.

Selama berkarier di dunia balap motor, Arbi juga telah berhasil meraih prestasi membanggakan sebagai wildcard di Moto3 seri Catalunya dan seri Aragon, Spanyol, serta mencetak sejarah sebagai pebalap Indonesia pertama yang berhasil menapaki podium tertinggi saat bersaing di FIM JuniorGP 2023.

Kemudian, pebalap regular Honda Asia Team Mario Suryo Aji juga akan tampil perdana di ajang Moto2. Mario merupakan alumni Astra Honda Racing School 2016 yang kemudian melakukan debutnya di ajang Thailand Talent Cup.

Baca Juga: Begini Keseruan Ribuan Bikers Honda PCX Meriahkan Hari Kemerdekaan di Seluruh Indonesia

Pada musim 2018, Mario turun di ajang ATC dan dilanjutkan sebagai pebalap reguler di ajang balap dunia Moto3 selama periode 2022 – 2023.

Direktur Marketing AHM Octavianus Dwi mengatakan, AHM akan terus memberikan dukungan untuk mewujudkan mimpi pebalap muda berbakat melalui Astra Honda Racing School.

“Mari kita mendukung mimpi pebalap muda bertalenta di Tanah Air untuk mengharumkan nama bangsa di ajang balap dunia,” ujar Octa.

Lewat dukungan AHM, Octa optimistis keempat pebalap tersebut dapat mengeluarkan performa terbaik mereka di ajang balap masing-masing.

“Kami yakin semangat juang tinggi para pebalap Indonesia mampu memacu semangat untuk menampilkan FIM Moto3 World Championship dan Idemitsu Asia Talent Cup seri Mandalika nanti,” ujar Octa.

Berlaga di Idemitsu Asia Talent Cup

Idemitsu Asia Talent Cup (DOK. AHM)

Pebalap lulusan Astra Honda Racing School, Davino Britani juga akan menjadi pebalap wildcard di ajang balap IATC yang digelar bersamaan ajang balap MotoGP seri Mandalika.

Kejuaraan IATC merupakan kejuaraan yang memberi kesempatan bagi talenta balap dari negara-negara Asia. Ajang ini mulai digagas pada tahun 2013 dan resmi bergulir sejak tahun 2014 hingga saat ini.

Davino Britani merupakan pebalap berusia 14 tahun yang juga tergabung dalam Astra Honda Racing School. Meski ajang ini menjadi pengalaman perdana bagi Davino, ia optimistis dapat tampil maksimal.

Baca Juga: Bocoran Motor Listrik Honda Baru Buat Indonesia, Modelnya Kayak Gini?

“Saya akan berusaha memberikan penampilan terbaik karena tampil menjadi pebalap MotoGP adalah impian yang ingin saya wujudkan di masa depan,” ujar Davino.

Hingga 2024, Davino telah berhasil mencetak berbagai prestasi di ajang balap nasional, mulai dari menempati standing point urutan pertama kelas junior sport 150 cc di Mandalika Racing Series dan 1st Standing Point of Rookie Class pada ajang Moto Prix Region Java.

Sejalan dengan Davino, IATC juga akan diperkuat oleh pebalap regular binaan AHM, Kiandra Ramadhipa.

Pada balapan putaran sebelumnya, Ramadhipa memberikan kado spesial Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-79 dengan meraih podium kedua pada race kedua IATC di Sepang International Circuit pada 18 Agustus 2024.

Dengan prestasinya ini, Kiandra Ramadhipa menempati posisi ke-2 klasemen pebalap IATC 2024 dengan catatan point 71