Find Us On Social Media :

Jelang Razia Operasi Zebra dengan Tilang Manual Ini Ciri-Ciri Razia Resmi Polisi

By Uje, Kamis, 10 Oktober 2024 | 16:05 WIB
Jelang Razia Operasi Zebra dengan Tilang Manual Ini Ciri-Ciri Razia Resmi Polisi (Tribunnews.com)

MOTOR Plus - online.com Tiga hari lagi bakal digelar Operasi Zebra dengan tilang manual oleh pihak kepolisian.

Razia Operasi Zebra 2024 akan digelar pada 14-27 Oktober 2024.

Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas, sekaligus menekan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas.

Selain tilang elektronik E-TLE, petugas juga bakal menggunakan tilang manual untuk para pengendara yang melakukan pelanggaran.

"Kepolisian mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Operasi Zebra 2024 dengan selalu mematuhi peraturan lalu lintas, baik saat ada operasi maupun di luar masa operasi," jelas Kabagops Kombes Pol Aries Syahbudin dikutip dari Korlantas Polri.

"Tertib berlalu lintas tidak hanya untuk menghindari sanksi, tetapi lebih penting lagi untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya," tambahnya.

Tentunya masyarakat juga wajib tahu razia resmi atau bukan yang digelar pihak kepolisian.

Ada prosedur mengenai tata cara tilang yang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan atau PP Tilang.

Baca Juga: Razia Besar-Besaran Serempak Segera Digelar Tiga Hari Lagi Tindakan Tegas Tilang Manual Untuk Pelanggaran Ini

Prosedur cara tilang yang diatur dalam PP Tilang: