Ducati 125 Sport, Replika Ducati 125GP

Motorplus - Kamis, 21 Maret 2013 | 18:52 WIB


Mesin dengan katup Desmodromic sudah sangat erat dengan teknologi Ducati. Tetapi, Ducati Sport 125 lansiran 1962 milik Endang ini, masih aplikasi engine SOHC. ÔÇ£Saya dapat motor  ini saat liburan ke Bali. Kebetulan, Ducati tipe 125 Sport sudah lama jadi incaran saya,ÔÇØ ujar pria yang tinggal di Tangerang, Banten.

Aslinya, tampilan motor ini layaknya besutan sport dengan model turing sesuai zamannya. Tetapi, oleh Studio Motor Custom Bike (SMBC) langsung diolah layaknya besutan balap jadul.

ÔÇ£Sebetulnya kondisi motor masih orisinilan. Tapi, ada beberapa detail yang kurang lengkap. Makanya owner memutuskan untuk digarap bergaya caf?® racer,ÔÇØ jelas Donny Aryanto builder SMBC.

Tampilan motor dibuat mendekati replika motor balap Ducati 125GP 1958 dengan sebutan Bialbero. Model besutan balap ini, lengkap dengan half fairing menutup hanya bagian depan bodi motor.

ÔÇ£Ducati Bialbero jadi legenda. Soalnya motor ini jadi motor pertama Ducati yang aplikasi teknologi Desmodromic dan juara dibalap GP pada 1956,ÔÇØ lanjut Donny.


Seperti biasa, ubahan bodi dibentuk dengan mengandalkan material pelat galvanis dengan ketebalan 1,2 mm. Mulai dari fairing, tangki, sepatbor depan serta bagian buntut belakang, dibentuk mengikuti keinginan pemilik motor.

Untuk areal kaki-kaki seperti bagian shock depan, shock belakang serta lengan ayun tetap menggunakan bawaan motor. Ini lantaran kondisi part yang nempel di motor masih berfungsi dengan baik. Apalagi Endang, sang pemilik menginginkan bagian kaki kaki tetap dipertahankan standar.

Cuma biar tongkrongan motor lebih segar, areal roda harus diremajakan. Peleknya andalkan produk TK 2,50 x 18 inci, buat roda depan dan belakang. Pelek ini dibalut ban Firestone Deluxe Champion 3,50 x 18 buat depan dan Avon SM MK2 4,00 x 18 buat buritan. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Firestone Deluxe 3,50 x 18
Ban belakang : Avon SM MK2 4,00 x 18
Knalpot  : Flash Custom Muffle
Pelek belakang : TK 2,50 x 17
SMBC : (021) 926-53870
 

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular