Tembus 0 – 80 Km/Jam = 2,87 Detik

Motorplus - Jumat, 25 Oktober 2013 | 20:17 WIB

Motor genre sport turing, tetap asyik buat akselerasi

Jalan lurus nan sepi, bikin asa sedikit menggebu. Itu karena motorplus-online.com penasaran akselerasi yang disuguhkan mesin DOHC 16 valve berkapasitas 1.043 cc ini. Sontak saja, grip gas diputar lebih dalam.

Seting power mode, dipatok di Full Power. Maka, tenaga 138 dk/9.600 rpm akan muntah sejadinya. Dimulai dari start diam, butuh sedikit perlakukan khusus agar roda depan tak terangkat tinggi. Terlebih jika posisi kontrol traksi di dalam kondisi OFF. Tuas kopling kudu dilepas seiring tenaga yang meluncur.

Meski ditopang wheelbase 1.445 mm yang tergolong cukup panjang, tetapi karena besarnya power yang keluar, maka permainan bukaan throttle body 38 mm dari Keihin pun musti diurut. Buat menempuh jarak 100 meter, Ninja 1000 hanya butuh waktu 5,09 detik dengan kecepatan 127,3 km/jam. Itu pun hanya ditempuh dengan gigi II. Maklum, gigi 1 di motor ini tembus 100km/jam.

Lanjut! Untuk menempuh kecepatan 0 – 80 km/jam, motor yang punya torsi maksimum 110 Nm/ 7.800 rpm ini hanya butuh waktu 2,87 detik. Kecepatan ini, mampu ditempuh 30,4 meter saja.

Setang tinggi, buat turing cocok!

Masih penasaran! Bagaimana dengan 0 – 100 km/jam? Ternyata, pacuan yang mengusung transmisi 6 percepatan ini sanggup membukukan waktu 3,56 detik saja. Jarak yang ditempuh hanya 48,7 meter. Singkat!

Eits, lalu kalau diajak berakselerasi hingga 201 meter, seberapa cepat ya? 7,57 detik! Itulah waktu terbaik yang bisa disuguhkan motor yang punya tiga pilihan kontrol traksi. Jarak ini, ditempuh dengan kecepatan 160,2 km/jam. Puas dengan akselerasi yang disuguhkan, riding berlanjut. Tak hanya trek aspal saja yang menjadi menu Ninja 1000. Tetapi, medan off-road alias tanah juga kerap dilalui.

Dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan kontrol traksi, melintas jalan yang tergolong licin ini jadi lebih percaya diri. Termasuk kala lakukan pengereman. Tak ada gelaja ban sliding. Sebab peran ABS mampu menjaga sempurna. Terasa seperti terjadi kedutan di tuas dan pedal rem kala melakukan pengereman. Motor pun, berhenti sesuai keinginan.

Tak terasa, riding seharian dengan Ninja 1000 tak membuat badan cepat lelah. Malah, ingin riding lebih jauh lagi dengan motor yang punya genre sport turing ini. Dengan komsumsi BBM yang tembus 1 liter/15 km, maka dengan kondisi tangki penuh (19 liter) bisa menempuh jarak 285 km. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular