Perbedaan Kampas Rem Asbestos dan Non Asbestos

Motorplus - Jumat, 11 Desember 2015 | 11:00 WIB

Masih banyak kampas rem depan atau belakang aftermarket yang menggunakan bahan asbestos. Terutama kampas rem yang murah. Asbestos tidak baik untuk kesehatan, terutama untuk sistem pernafasan. Bahkan bisa mengakibatkan kanker, ih ngeri sob! Pilihannya lain kampas rem non asbestos. Tentu bro perbedaan kampas rem asbestos dan non asbestos seperti langit dan bumi. Jauh banget deh perbedaannya.   

Tapi, hampir semua brand kampas rem ternama sudah menggunakan bahan non asbestos yang tentunya ramah lingkunga. “Sudah lama kami meninggalkan asbestos dan menggunakan bahan non asbestos untuk brake shoe dan brake pad. Selain ramah lingkungan, juga banyak manfaatnya,” bilang Akira Oota, Development Operation Chief Enginner Nissin Kogyo Co.,LTD.

Apa saja perbedaan kampas rem asbestos dan non asbestos? Nah.. biasanya untuk non asbestos menggunakan campuran steel fiber, selulosa, rock wool, grafit dan kevlar. Dengan bahan ini koefisien gesekan bisa lebih stabil di suhu tinggi, hingga 400 derajat celsius. Sedangkan, untuk asbestos menggukan asbestos murni yang direkatkan resin. Bahan asbestos hanya bisa tahan 250 derajat celsius.

Kenapa non asbestos bisa bertahan di suhu yang ekstrim? Pasalnya dari campuran tadi, non asbestos dilengkapi vermi culate. Kalau dilihat secara kasat mata, vermi culate akan berkilauan di permukaan kampas. Material ini, membatu melepaskan panas yang dihasilakan oleh gesekan.

Parahnya, di kampas asbestos vermi culate ini diganti oleh logam yang malah bisa menimbulkan panas. Setelah panas berlebih, tentu koefisien gesekan jadi hilang. Apa yang terjadi? Tentunya bikin rem blong. Nah.. apa baiknya menggunakan rem yang pake bahan asbestos? Cuman menang di murah doang. Enggak baik buat kesehatan dan bikin bahaya!

Jelas kan kalau perbedaan kampas rem asbestos dan non asbestos dari sisi kesehatan dan safety jauh banget deh. Kampas rem asbestos lebih unggul. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular