Perbedaan Honda dan Ducati Versi Nicky Hayden

Motorplus - Senin, 4 Januari 2016 | 13:00 WIB

Akhir musim balap 2015 Nicky Hayden memutuskan pindah dari MotoGP ke World Superbike (WSBK). Selama 13 tahun Hayden merasakan manis pahitnya berkarir di kelas para raja. Setelah memutuskan hijrah, Hayden mau angkat bicara. Terurama soal perbedaan Honda dan Ducati versi Nicky Hayden. Maklum saja, 11 tahun karirnya dihabiskan di tim pabrikan Honda dan Ducati MotoGP.

Perbedaan Honda dan Ducati versi Nicky Hayden yang paling mencolok ada di motor. Terutama di motor Ducati. Menurut Hayden, saat nunggang Desmosedici dirinya seperti balap sendiri. Hayden merasa berbeda karena rangka yang digunakan Ducati sangat berbeda dari pabrikan lainnya. "Saya menikmati banyak fasilitas dan tentu belajar banyak dari dua tim berbeda ini. Salah satu perbedaan paling besar ada di sasis motor. Ducati menggunakan sasis karbon yang sangat berbeda dari motor-motor bikinan pabrikan Jepang," beber Kentucky Kid.

Bukan cuma rangka, tapi perbedaan Honda dan Ducati versi Nicky Hayden juga menyasar ke ban. Menurut Hayden Ducati masih kesulitan membuat motornya bisa bekerja baik di seluruh sirkuit. Apalagi soal ban. Menggunakan Ducati membuat pembalap harus memilih ban yang benar-benar cocok untuk motornya. Tidak bisa meniru pemilihan ban yang dipakai pembalap di pabrikan Jepang. Sebab, karakter ban yang dibutuhkan motor Ducati benar-benar berbeda dibandingkan pabrikan lain. Tim dan pembalap harus bekerja lebih mengenai hal ini.

Soal strategi, menurut Juara Dunia MotoGP tahun 2006 ini juga ada perbedaan. Honda lebih menjalankan kebiasaan yang sudah mereka lakukan sebelumnya. Sedangkan Ducati, untuk beberapa hal lebih terbuka. Yang jelas mereka menjalankan strategi dengan cara mereka sendiri. Namun, tujuannya tetap sama. Menuai hasil terbaik yang bisa mereka capai disetiap balapnya. (www.motorplus-online.com)  

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular