Kamojang Trail Adventure Perkenalkan Kawasan Wisata Kamojang Bandung

Motorplus - Senin, 4 Januari 2016 | 19:43 WIB

Salut buat Kamojang Trail Adventure (Kater) deh. Berkat event Minggu (3/1) Sosorodotan Leledokan di Kamojang (Solendang), star-finish  di Desa Laksana Kecamatan Ibun, Kab. Bandung. Jadi kebuka banget kalo potensi wilayah sekitaran Kawah Kamojang tuh emang jempolan! Sip banget Kamojang Trail Adventure perkenalkan kawasan wisata Kamojang Bandung

Pastinya paling pertama kudu di catat Kamojang Trail Adventure bisa perkenalkan potensi kawasan wisata Kamojang Bandung. Di Kamojang ini lah, pihak PT Pertamina Geothermal Energy plus PT. Indonesia Power mengelola sumber energi listrik berbasis sumber panas bumi (geothermal) alias Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) untuk kebutuhan Jawa-Bali. Dan, itu udah dimulai sejak tahun 1983. Wah, event Kamojang Trail Adventure kok gaungnya kurang kedengeran ya?

Nah, nggak kalah penting. Rupanya, di wilayah kawah Kamojang ini memiliki potensi gede terkait pengembangan dunia wisata. “Makanya. Kita bikin hajatan adventure trail ini. Sebab, potensi wisata di Kamojang ini emang sentuhan utamanya di dominasi oleh alam. Baik itu puluhan kawah yang ada hingga hutan lindung yang terjaga dengan baik,” ungkap Iwan Yudash, dedengkot Kater sekaligus penggagas hajatan Solendang di Kamojang lalu.

Wajar sekitaran Kawah Kamojang emas buat dunia pariwisata. Bayangin, khusus jumlah kawahnya aja ada 23 lokasi. Tapi, paling sering dikunjungi dan jadi primadona hanya 2 kawah doang. Yakni, Kawah Manuk dan Kawah Kereta. “Selain fasilitas telah memadai du dua lokasi kawah tadi. Ada sarana mandi uap dan rendam mandi air panas. Dua kawah ini memiliki keunikan tersendiri. Yakni, rajin mengeluarkan bebunyian. Kawah manuk seakan mengeluarkan bunyi seperti manuk (burung-red). Sedangkan kawah Kereta seakan mengeluarkan bunyi rentetan suara kerete tengah berjalan,” ujar Teten SM dan H. Aan Masduki dua adventuris masing-masin dari klub Tabrak Majalengka dan Maung Garut. Kebetulan kedua beberapa kali telah mengunjungi dua kawah tadi.

Semakin komplit. Cagar Alam Kamojang seluas 10 Ha jadi daya tarik buat pengunjung. Terlebih, buat 800-an offroader yang nongol di event Solendang. “Asli benar asri. Bayangin selain terawat. Pepohonan di wilayah ini banyak berusia ratusan tahun. Dan, itu sulit ditemukan di jalur adventure di wilayah Jabar lain,” bilang Lutfy Artomoro dari tim Artomoro Cimahi.

Makanya jangan kaget. Pihak Pemkab Bandung memiliki perhatian khusus untuk pengembangan wisata wilayah Kawah Kamojang. “Kita tengah merampungkan pembangunan mega proyek Jalan Tembus Kamojang atau Jalan Cukang Monteng. Mudah-mudahan tahun 2016 ini proyek tadi beres,” tandas Bupati. H. Dadang M. Naser.

Bahkan lebih lanjut menurut Dadang M Naser, khusus tahun 2016 ini. Wilayah Kamojang bakalan secara khusus pula akan mendapatkan anggaran dari pemerintah. “Intinya, Kamojang ini akan menjadi andalan wisata buat Kabupaten Bandung. Baik buat wisata ilmiah atau pun wisata alam. Dan, daerah ini pun akan Kita kukuhkan sebagai salah satu desa wisata di wilayah Kabupaten Bandung,”tutupnya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular