Masalah Kelistrikan Di Motor Kalau Aki Keputihan

Motorplus - Senin, 18 April 2016 | 05:00 WIB

Pada aki basah, kadang suka ditemui kerak putih di bagian terminalnya. Aki pun bisa keputihan kan. Aki yang keputihan akan bikin masalah kelistrikan di motor.

Menurut Deden dari Daya Guna Accu, residu itu adalah berasal dari larutan yang memuai. “Pada aki basah, ditutupnya ada lubang pernafasan. Larutan pemuaian karena panas dan menempel di terminal aki. Larutan yang menempel ini lama kelamaan akan menimbulkan kerak putih,” tambah Deden yang mangkal di Jl. Meruya Selatan, Jakarta Barat.

Menurutnya, jika dibiarkan keputihan di aki terlalu lama, kerak atau residu ini akan menutupi terminal aki. Sehingga, mengganggu perpindahan arus dari dan menuju aki,” kata Deden. Dengan kata lain, daya hantar listriknya jadi kurang optimal.

Untuk membersihkan residu ini, cukup mudah. Buka terminal yang menghubungkan aki. Siram dengan air panas, lalu diamplas halus. “Setelah itu, lapisi dengan gemuk di permukaan kutub aki,” bilangnya.

Yang lebih penting menurut Deden, yakni penggunaan komponen kelistrikan standar. Sehingga, tidak membebani aki dan menyebabkan panas berlebih. Efeknya, larutan tidak memuai banyak. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular