Yamaha Mio J Langganan Juara Bermodal Bore Up

Motorplus - Selasa, 23 Mei 2017 | 05:58 WIB

Bermain di kelas All Matic dan Matic Injection pada ajang fun race D Event, Yamaha Mio J besutan Jamaludin selalu langganan podium.

“Biasanya sih masuk 3 besar, cuma seri kemarin ada trouble, jadi finish ke-4. Padahal motor biasa dipakai sehari-hari dan minim part racing. Hanya bore up harian. Bahkan lampu saja masih menyala saat digunakan balap,” bilang Jamaludin alias Dagoel.

Yuk, skrut.

1. BORE UP. 

Langkah membesarkan diameter piston alias bore up, diambil cuma menggunakan piston murah meriah, yakni merek NPP dengan diameter 58 mm.

Jika dihitung menggunakan rumus, kapasitas silindernya jadi 153 cc.

Piston tadi, mempunyai dome setinggi 2,5 mm.

(BACA JUGA : Dahsyat Nih, Tanpa Bore up Power Honda CBR 150R Bisa Sampai 21,66 HP)

Dengan jarak mendem dari blok hingga kepala piston, dikasih 0,8 mm (paking terpasang).

Saat diburet, rasio kompresinya terukur 12 : 1.

Yamaha Mio J 2012 (Jakarta)

2. HEAD SILINDER.

Guna mengimbangi piston yang telah berukuran besar, diameter payung klep pun dibikin menjadi tambah lebar dibanding standarnya. Jika standarnya Mio J hanya 26/23 mm (in/ex), kini menjadi 28/24 mm.

3. KEM KUSTOM.  

Untuk mengatur buka-tutup klep, durasi kem dikustom ulang. “Kem in diset 263°, yang membuka di 25° sebelum Titik Mati Atas (TMA), dan menutup di 58° setelah Titik Mati Bawah (TMB). Sedang durasi kem ex-nya 258°, membuka di 56° sebelum TMB dan menutup di 22° setelah TMA. Tinggi angkatan klepnya, 7,5 mm untuk in dan 7,3 mm untuk ex-nya,” bilang Imam Ridwansyah alias Mame, mekanik dari Mame Team Phecak Thawest.

Yamaha Mio J 2012 (Jakarta)

4. ECU BRT. 

Otak pengapian sistem injeksinya, menggunakan ECU dari BRT Juken 3.

Timing pengapiannya dibikin lebih advance, di putaran mesin 4.000–10.000 rpm, timing-nya diset di 26°. Untuk throttle body-nya, masih menggunakan standar. Namun, injektornya menggunakan kepunyaan Yamaha V-ixion,” beber Mame yang bermarkas di Jl. Moh. Kahfi I, Gg. Kemenyan, No. 58, RT 8/3, Ciganjur, Jakarta Selatan.

DATA MODIFIKASI

Ban depan     : FDR 90/80-14

Ban belakang  : FDR 90/80-14

Knalpot       : CLD C7

ECU           : BRT Juken 3 (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Motorplus
Editor :


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular