Bikin Ngelus Dada, STNK Motor Sudah Dihapus Tidak Bisa Registrasi Ulang dan Terancam Disita Polisi

Ahmad Ridho - Selasa, 27 Desember 2022 | 14:37 WIB
MOTOR Plus-online/ A. Ridho
Waspada data STNK dihapus jadi motor bodong jika tidak bayar pajak selama dua tahun setelah pajak 5 tahunan habis.

MOTOR Plus-online.com - Siap-siap motor yang sudah dihapus data STNK tidak bisa registrasi ulang dan terancam disita polisi.

Aturan penghapusan data STNK motor akan berlaku mulai 2023.

Motor yang sudah dihapus data STNK-nya, terancam akan disita polisi.

Polisi akan menyita motor karena dianggap motor bodong alias ilegal akibat surat kendaraan (STNK dan BPKB) tidak berlaku lagi.

Para penunggak pajak motor harus segera mengurus pembayaran pajak motornya jika data STNK tidak ingin dihapus.

Korlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantybudi menghimbau agar para pemilik kendaraan (motor dan mobil) masih diberi kesempatan membayar pajak melalui program pemutihan pajak motor yang masih berlangsung.

Sumber hukum penghapusan data registrasi kendaraan bermotor yang tidak membayar pajak motor mengacu pada Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tengang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Perlu diketahui, penghapusan data STNK kendaraan bermotor akan dilakukan jika masa berlaku STNK 5 tahunan sudah habis dan tidak diperpanjang selama dua tahun berturut-turut.

Baca Juga: Sudah Lama Punya Motor Baru Tahu Kenapa Disebut Pemutihan Pajak Motor, Semua Gratis?

Setelah dua tahun berturut-turut tidak diperpanjang, data registrasi dan identifikasi di STNK motor akan dihapus atau diblokir permanen.

Penulis : Ahmad Ridho
Editor : Ahmad Ridho


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular